cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Artikel terkait : cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi


Daya ingat dan konsentrasi, sangat dibutuhkan oleh siapapun. Baik itu pelajar, mahasiswa, pekerja, dokter, pengusaha, dan ibu rumah tangga sekalipun sangat membutuhkan daya ingat yang baik. Bagi pelajar dan mahasiswa, daya ingat sangat dibutuhkan dalam belajar sehari hari apalagi hendak ujian dan untuk mengikuti pelajaran di sekolah. Kita sering mendengar permasalahan pelajar yang biasanya sedang ujian lalu lupa rumus, lupa mengerjakan pr, lupa cara, dan masih banyak lagi. Hal ini mungkin terjadi karena kurangnya atau bahkan menurunnya daya ingat yang dimiliki oleh pelajar tersebut. Selain itu, bagi pekerja juga daya ingat sangat dibutuhkan. Jika mereka banyak lupa, sudah pasti banyak sekali kerugian bahkan bisa menimbulkan masalah yang fatal. Ibu rumah tangga sekalipun yang sehari harinya berada atau bekerja di rumah, juga membutuhkan daya ingat. Bayangkan saja jika mereka lupa mematikan kompor, lupa mematikan listrik, lupa menaruh barang berharga, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, daya ingat yang kita miliki ini belum tentu kita mengetahui seberapa baik daya ingat tersebut. Kita mungkin bisa mengukurnya dengan berapa banyak kejadian ‘lupa’ yang kita alami. Namun, daya ingat bisa diperbaiki dan diasah supaya menjadi lebih baik dan bekerja secara optimal. Bagaimana cara meningkatkan daya ingat? 

cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Terus belajar

Belajar tidak hanya didapat dari buku yang tebal tebal berisi rumus dan teori teori yang biasanya memusingkan. Menonton berita, bermain video games dan melakukan browsing di internet juga adalah contoh belajar.

Bersosialisasi

Bersosialisasi juga ternyata memiliki pengaruh yang sangat baik bagi daya ingat anda. Lakukan sosialisasi dengan teman teman, kerabat, dan keluarga anda.

Mengembangkan kebiasaan baru

Sesibuk apapun anda dalam pekerjaan atau sekolah, berilah waktu untuk mengembangkan kebiasaan baru seperti merajut, bermain seni seperti musik, mendesain, memasak, dan sebagainya.

Melatih otak dengan games

Bermain games tidak selalu memberikan efek yang buruk dan negatif. Buktinya, bermain games juga bisa mengasah otak dan daya ingat yang sangat baik.

Makan makanan yang bergizi 

Mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi dan baik tidak selalu harus merogoh uang banyak. Menghindari alkohol dan merokok juga sangat baik.

Berolah raga yang teratur

Selain sangat baik untuk daya ingat, berolah raga yang teratur juga dapat meningkatkan kapasitas otak anda.

Artikel MasBhotol Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 MasBhotol | Design by Bamz