Bebrapa Cara Ini Mampu Atasi Stres di Usia Remaja

Artikel terkait : Bebrapa Cara Ini Mampu Atasi Stres di Usia Remaja

Bebrapa Cara Ini Mampu Atasi Stres di Usia Remaja - Tak hanya orang dewasa, usia remaja juga kerap kali mengalami stres. Umumnya, mereka mengalami stres saat berada di situasi yang sulit, berbahaya, menyakitkan atau saat mereka tidak mempunyai keberanian untuk mengatasi situasi tersebut. Beberapa masalah umum yang sering membuat mereka stres antara lain berbagai masalah di sekolah, rasa percaya diri yang kurang, perubahan hormon, masalah keuangan, lingkungan yang kurang baik, dan pengaruh media sosial. Tak jarang, hal negatif seperti ini membuat mereka sulit untuk beradaptasi dan berkembang dengan baik. Faktor-faktor yang menjadi pemicu stres juga sering kali memengaruhi kesehatan mereka. Untuk membantu remaja yang mengalami hal ini, Anda bisa melakukan hal ini.

Olahraga dan makan pada waktunya
Olahraga rutin ternyata cukup ampuh membuat pikiran remaja lebih segar dan relaks. Makan tepat pada waktunya juga akan menjaga stamina tubuh sehingga mereka bisa menjalani aktivitas tanpa banyak pikiran.

Hindari konsumsi kafein terlalu banyak
Kafein bisa memengaruhi pikiran dan membuat Anda lebih stres. Agar lebih sehat, ganti minuman berkafein dengan jus buah atau air putih yang ditambah irisan lemon.

Latihan relaksasi
Pelajari latihan pernapasan perut dan teknik relaksasi otot untuk menenangkan pikiran.

Mengembangkan keterampilan ketegasan
Anda bisa mengajarkan remaja untuk melakukan ketegasan yang positif. Bantu remaja menguraikan perasaan Anda dengan sopan secara langsung dan dengan cara yang tidak terlalu agresif atau pasif.

Kurangi pembicaraan negatif
Hal ini bisa dilakukan dengan menantang pikiran negatif tentang diri sendiri dengan alternatif pemikiran netral atau positif. Misalnya, saat mengatakan "Hidup saya tidak akan pernah bisa lebih baik", ubah menjadi "Saya mungkin merasa putus asa sekarang, tapi hidup saya akan lebih baik lagi bila saya mau belajar dan mencobanya kembali."

Percaya pada diri sendiri dan selalu positif
Ajarkan remaja untuk selalu percaya pada kemampuan dirinya sendiri dan selalu positif saat melakukan aktivitasnya. hal ini akan menjauhkan dirinya dari sifat selalu menuntut dari oranglain.

Istirahat
Ambil jeda istirahat dari situasi yang membuat stres. Tawarkan aktifitas menyenangkan seperti mendengarkan musik, menggambar, menulis, membaca, ataupun bermain dengan hewan peliharan.

Waspada dengan media sosial
Selalu dampingi remaja yang sedang mengalami stres. Ajak ia berbicara, dengan tujuan agar ia curhat pada orangtuanya. Bila Anda terlalu 'jauh' bisa-bisa ia justru mengunggah hal pribadi di media sosial yang bisa menimbulkan masalah

Artikel MasBhotol Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 MasBhotol | Design by Bamz