manfaat buah tomat bagi kesehatan

Artikel terkait : manfaat buah tomat bagi kesehatan


Buah tomat sering juga dianggap sebagai sayur karena buah ini cukup atau bahkan sangat fleksibel untuk berbagai makanan. Tomat selain biasa dikonsumsi atau dimakan secara langsung atau dimakan begitu saja tanpa diolah, juga biasa dijadikan bentuk lain seperti jus tomat, atau juga dijadikan pelengkap seperti pada berbagai macam sayuran seperti sayur sop, pada soto ayam ataupun soto sapi, juga dijadikan sebagai saus, yaitu saus tomat. Selain itu, tomat juga dijadikan sebagai bumbu pasta. tomat memang bisa diolah atau dijadikan berbagai makanan dan minuman dalam bentuk lain. Selain untuk dikonsumsi, tomat juga bisa dijadikan sebagai bahan kecantikan dan kosmetik. Misalnya dijadikan masker wajah, dijadikan campuran berbagai bahan kecantikan, masker mata, dan lain sebagainya. Ya, tidak heran hal itu banyak dilakukan karena memang kandungannya yang sangat kaya akan berbagai vitamin dan kandungan kandungan bermanfaat lainnya. Selain sebagai bahan untuk dikonsumsi, dijadikan berbagai bahan makanan, bahan kecantikan dan kosmetik, dan sebagai pelengkap bermacam macam makanan dan dibuat garnish, tomat yang memiliki kulit berwarna oranye pekat kemerahan dengan bagian dalam yang terisi oleh biji yang lumayan ‘juicy’ ini memiliki rasa yang sedikit asam namun sangat segar. Tomat juga tidak melulu berukuran sebesar bola pignpong atau bola golf, ada juga yang disebut dengan tomat cherry yang merupakan tomat dengan bentuk yang sangat lucu yaitu berukuran sangat kecil seperti buah cherry namun tidak mengurangi kandungan dan manfaat yang biasa dimiliki tomat tomat berukuran sedang atau besar. tomat cherry cenderung memiliki rasa yang lebih manis. Selain rasanya segar dan memiliki banyak manfaat, apa saja manfaat yang mungkin belum kita ketahui dari buah tomat?

manfaat buah tomat

manfaat buah tomat

Sebagai antioksidan

Kandungan beta carotene yang dikandung tomat bersama dengan vitamin A dan vitamin C yang dimilikinya bekerja bersama sama dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Pengontrol diabetes

Tomat mengandung mineral bernama kromium yang dapat membantu penderita diabetes mengatur kadar gula dalam tubuhnya.

Melawan karsinogen

Tomat yang mengandung asam chlorogenic dan coumaric yang berfungsi untuk melawan karsinogen yang ditimbulkan dari efek merokok. Jadi, jika anda perokok, jangan malas untuk makan tomat.

Melawan kanker lambung dan usus besar

Sebuah penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa tomat yang mengandung lycopene yang merupakan antioksidan alami yang mampu menghambat sel sel kanker terutama kanker lambung dan usus besar.

Menyehatkan mata

Tomat yang juga mengandung vitamin A ini baik bagi kesehatan mata anda terutama bagi anda yang memiliki gangguan penglihatan.

Mencerahkan kulit

Manfaat lain dari tomat selain baik bagi kesehatan tubuh kita dari dalam, juga dapat digunakan sebagai bahan kecantikan alami yaitu sebagai pencerah kulit wajah. caranya sangat mudah hanya dengan menjadikan kulitnya sebagai masker, diamkan 10 menit lalu bilas dengan air.

Mencegah batu ginjal

Makan tomat tanpa bijinya ini akan mampu mencegah batu kanker. Disarankan untuk anda mengonsumsi tomat karena selain rasanya segar, juga banyak sekali menfaatnya bagi tubuh kita.

Artikel MasBhotol Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 MasBhotol | Design by Bamz