Thursday, 31 October 2013

Mencari Jati Diri, Komputer PC Tak Akan Mati

Mencari Jati Diri, Komputer PC Tak Akan Mati, Meski harus bersaing dengan perangkat bergerak seperti ponsel dan tablet, komputer PC diyakini tidak akan mati. Hal tersebut dilihat dari pertumbuhan penetrasi internet di Indonesia yang mencapai 10 persen di tahun ini, dengan jumlah 25 juta unit di tahun 2013.

"Komputer PC tidak akan mati, sebab saat ini sebenarnya sedang proses mencari jati diri," ujar Dewan Pembina Yayasan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), Rudi Rusdiah, di Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2013.

Jati diri yang dia maksud yaitu, munculnya jenis produk yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan komputer, sekaligus perangkat bergerak. "Contohnya Intel yang menyediakan produk 2-in-1, bisa dijadikan tablet sekaligus notebook," ucap Rudi.

Selain untuk memenuhi kebutuhan perangkat bergerak, tumbuhnya PC disebabkan oleh kebutuhan penyimpanan data, terutama bagi perusahaan. Berdasarkan data Apkomindo, total kapasitas data center di Indonesia yang sifatnya terbuka atau publik, luasnya mencapai 30 ribu meter persegi. Sedangkan dari private atau perusahaan, jumlahnya 200 ribu meter persegi.

Tingginya data privat berasal dari perbankan, perusahaan minyak dan gas, asuransi, serta perusahaan dengan skala besar lainnya. »Meski kuantitasnya akan turun, namun valuenya akan naik karena kebutuhan terhadap komputer PC akan terus ada,” kata Rudi.

Pengaruh dari kebutuhan big data inilah yang akan diikuti dengan peningkatan kualitas. "Jadi mereka jualannya high performance untuk seismic enterprise, tetapi harganya malah jadi mahal," ucapnya.

Melihat potensi tersebut, Rudi memprediksi pameran komputer tetap diminati masyarakat, seperti Indocomtech yang digelar di Jakarta Convention Center, mulai Rabu 30 Oktober 2013 hingga Minggu 3 November 2013. Pameran ini ditargetkan menyedot hingga 230 pengunjung dengan total transaksi Rp 635 ribu
sumber

MasBhotol

Adalah Sebuah Blog Personal Berisi Berbagi Jenis Artikel dan Bermacam Kategori.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top