9 Hal yang Perlu Anda Tahu Selagi Muda

Artikel terkait : 9 Hal yang Perlu Anda Tahu Selagi Muda

9 Hal yang Perlu Anda Tahu Selagi Muda - Begitu banyak pelajaran yang ingin kita peroleh selagi kita masih muda. Begitu banyak orang yang menurut kita patron, ingin kita dekati untuk belajar dari dari kisah mereka. Tentu hal itu jarang terjadi. Satu-satunya hal termudah adalah belajar dari pengalaman atau karya mereka.

Ada ungkapan “hidup dimulai pada usia tiga puluhan”. Saya tidak tahu mengapa ungkapan ini populer, mungkin saja karena rata-rata orang merasa dirinya semakin matang pada usia itu, dengan menyadari bahwa ia harus bertanggungjawab penuh pada dirinya sendiri, dan di kisaran usia ini pula orang pada umumnya membentuk keluarga baru.

Jadi jika Anda kini berada di usia tigapuluhan, anda pasti sudah tahu hal-hal berikut, yang sebaiknya diketahui oleh mereka yang masih muda.

1. Uang tidak dapat membeli kebahagiaan
Uang adalah alat untuk membeli beragam kebutuhan dan keinginan, tetapi itu tidak dapat menyelesaikan semua masalah. Ada banyak orang yang hidup dengan penghasilan rata-rata, namun memiliki kehidupan yang bahagia... dan, sebaliknya ada banyak orang berpenghasilan tinggi, namun masih tetap merasa memiliki kehidupan yang tidak memuaskan.

Uang bisa membeli rumah yang bagus, mobil bagus, bahkan keamanan dan kenyamanan, tetapi tidak dapat memperbaiki hubungan yang rusak, atau mengisi kesepian. Kebahagiaan yang diperoleh dari hal-hal yang dapat dibeli hanya sebagai pelengkap, sementara karena kebahagiaan sesungguhnya tidak dapat dibeli.

2. Melangkah dengan sabar
Ketika kita masih muda, pada saat memulai sesuatu yang kita anggap pekerjaan dewasa - memutuskan segala sesuatu, merencanakan hidup kita, pengalaman semuanya, mencapai kesuksesan karir, menemukan cinta sejati, mengetahui tujuan hidup kita, dan melakukan semuanya pada waktu yang sama.

Jangan terburu-buru. Biarkan hidup Anda terbuka. Beri diri Anda waktu untuk mempertimbangkan pilihan Anda. Nikmati setiap gigitan makanan, luangkan waktu untuk melihat sekitar Anda, biarkan orang lain selesai berbicara, jadilah pendengar yang baik. Biarkan diri Anda waktu untuk berpikir, memikirkan lebih banyak dari sebelumnya sewaktu akan mengambil tindakan penting.

Bekerja keras untuk mencapai tujuan dan membuat rencana masa depan adalah hal penting, tetapi bergegas dengan kecepatan penuh dapat membuat Anda melewatkan banyak pemandangan sepanjang perjalanan, bahkan mendatangkan kejenuhan pada akhirnya.

3. Anda tidak dapat menyenangkan semua orang
Anda tidak perlu semua orang setuju dengan Anda, atau bahkan seperti Anda. Manusiawi jika kita ingin menjadi bagian dari sesuatu, disukai, dihormati dan dihargai, tetapi hendaknya tidak dengan mengorbankan integritas dan kebahagiaan kita sendiri.  Bicaralah dengan respek, akui kekurangan, pertahankan sikap Anda, hormati orang lain, hargai permintaan mereka, akan tetapi tetaplah setia pada nilai-nilai baik
Anda.

4. Kesehatan Anda adalah aset yang paling berharga
Kesehatan sering terabaikan oleh orang-orang muda. Ketika mereka merasa dapat menikmati semua makanan dan minuman, bekerja hingga larut malam, berpetualang seperti tanpa lelah, dan merasa kekuatan dan kecantikan seperti akan tetap selamanya.

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai. Selalu hargai, perlakukan dan rawat tubuh Anda dengan baik.

5. Anda tidak selalu mendapatkan apa yang Anda inginkan
Tidak peduli seberapa hati-hati Anda merencanakan dan seberapa keras Anda bekerja, kadang-kadang ada hal yang tidak sesuai dengan harapan. Kita semua memiliki harapan, memiliki gambaran "ideal", seperti apa hidup yang kita inginkan.  Akan tetapi realitasnya tidak selalu berakhir demikian.

Terkadang impian kita gagal, dan kadang-kadang kita berubah pikiran di tengah jalan. Kadang-kadang kita harus gagal untuk menemukan jalan yang benar dan kadang-kadang kita hanya perlu mencoba beberapa hal sebelum kita menemukan arah yang benar. Jadi, jangan biarkan hal itu membuat Anda kehilangan antusiasme.

6. Ini bukan soal diri Anda sendiri
Anda bukan episentrum dari alam semesta. Itu sebabnya sangat sulit melihat dunia dari luar perspektif Anda sendiri, karena kita selalu begitu terfokus pada apa yang terjadi dalam kehidupan kita sendiri. Apa yang harus saya lakukan hari ini? Apa artinya bagi saya, bagi karir saya, bagi hidup saya? Apa yang saya inginkan?

Normal untuk berpikir semacam itu, karena kita menyadari segala sesuatu yang terjadi dalam hidup Anda sendiri. Tetapi, hidup bukanlah tentang diri kita sendiri. Kita perlu memberi perhatian terhadap apa yang terjadi di sekitar Anda, dan bagaimana beragam hal mempengaruhi orang lain dan  juga diri Anda sendiri. Jika Anda mulai memperhatikan orang lain, berarti Anda belajar melihat dari perspektif mereka. Ini sangat penting untuk menciptakan harmoni.

7. Tidak perlu malu jika Anda tidak tahu
Tidak ada orang yang mengetahui dan memiliki jawaban untuk semua hal. Tidak perlu malu mengatakan "saya tidak tahu", jika kenyataannya demikian. Ini tidak menyarankan Anda untuk berhenti belajar, akan tetapi sebaliknya. Dibalik ketidaktahuan, Anda ingin tahu hal-hal yang bermanfaat bagi Anda.

8. Cinta lebih dari sekedar perasaan, melainkan pilihan
Cinta adalah ledakan kegembiraan yang paling berkesan di  masa muda. Bagi sebagian orang, itu bisa datang seketika dan hilang seketika, lalu tergantikan seketika. Tapi itu tidak berarti cinta yang bertahan lama tidak ada.

Cinta bukan hanya perasaan, melainkan sebuah pilihan yang Anda buat setiap hari. Kita harus memilih untuk menjaga hubungan tetap jalan, menghangatkannya bila mulai surut, saling mengampuni dan mau berubah lebih baik, menghormati, mendukung, dan setia pada pasangan.

Hidup dalam pernikahan yang bahagia adalah satu pengalaman yang sangat indah. Kadang-kadang mudah dan kadang-kadang sulit, tapi itu terserah pada kita yang memilih bagaimana kita bertindak, berpikir dan berbicara dengan pasangan.

9. Banyak hal bisa berubah

Kita sering tidak menghargai apa yang kita miliki sampai hal itu hilang, misalnya kesehatan, keluarga dan teman-teman, pekerjaan, uang yang Anda miliki, bahkan hari esok.

Ketika kita masih muda tampaknya orang tua kita akan selalu di sisi kita, demikian juga pasangan, anak-anak, teman, pekerjaan dan harta benda. Tidak ada dalam hidup yang dapat Anda jamin akan tetap selamanya, termasuk diri Anda sendiri.

Hidup tidak selalu mudah, ada yang bilang hidup itu juga keras, dan penuh ketidakpastian. Namun satu hal lagi yang perlu diingat, hargai hal-hal baik yang Anda punya, selagi Anda masih memilikinya.

Artikel MasBhotol Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 MasBhotol | Design by Bamz