4 Olahraga Ini Yang Pas Dilakukan Saat Menstruasi

Artikel terkait : 4 Olahraga Ini Yang Pas Dilakukan Saat Menstruasi

4 Olahraga Ini Yang Pas Dilakukan Saat Menstruasi - Saat menstruasi, badan pasti terasa lemas.
Rasanya tidak mungkin untuk bergerak, apalagi berolahraga. Namun justru, jangan jadikan ini sebagai alasan, karena dengan berolahraga, Anda akan jauh dari efek samping menstruasi yang mengganggu, seperti kram dan nyeri haid yang paling mengganggu sekalipun. Karena saat berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin, yaitu hormon yang membuat Anda merasa bahagia.


Kardio
Berjalan kaki dan berlari di jalan maupun di treadmill membantu Anda meningkatn endorfin yang dapat membantu mengurangi kram dan sakit kepala. Menurut Mary Rosser, MD, obgyn dari Montefiore Medical Center di Larchmonth, olahraga untuk kardiovaskular membantu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga Anda jauh dari ketidaknyamanan dan nyeri. 

HIIT (High Intensity Interval Training)
Olahraga dengan intensitas dan interval tinggi adalah salah satu pilihan terbaik. Psikolog olahraga untuk USA Cycling Women's Track Endurance Program, Stavy Sims, PhD, menjelaskan bahwa pada hari pertama menstruasi, estrogen dan progesteron wanita menurun, namun justru Anda akan lebih mudah mengakses karbohidrat dan glikogen. Dengan demikian pula, bahan bakar lemak lebih mudah diakses oleh tubuh.

Menari
Segala jenis tarian pas untuk dilakukan saat menstruasi. Gerakan bebas saat menari meningkatkan fleksibilitas sendi dan melawan rasa kaku pada tubuh saat menstruasi. Menari dapat memperbaiki mood dan suasana hati Anda. Kelas Zumba Dance selama satu jam bahkan dapat membakar hingga 600 kalori.

Stretching
Melakukan stretching atau peregangan (tak terkecuali Yoga atau Pilates) membantu melatih otot dan mengurangi kram. Melakukan gerakan cium lutut dengan posisi lutut diluruskan (baik sambil berdiri maupun sambil duduk) lalu menempelkan dada Anda dapat mengurangi risiko nyeri punggung, tahan selama 20 hingga 30 detik untuk melonggarkan otot yang tegang.

Namun, tetap perhatikan keadaan tubuh selama menstruasi. Bila Anda tidak kuat untuk melakukan olahraga, tak perlu dipaksa. Atau, bila Anda mengalami kram maupun nyeri luar biasa sepanjang periode menstruasi, sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.
via:http://1health.id/id/article/category/sehat-a-z/4-olahraga-yang-pas-saat-menstruasi.html

Artikel MasBhotol Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 MasBhotol | Design by Bamz