Tips Berolah Raga di Bulan Ramadhan: Berkeringat Tanpa Mengurangi Nikmat Puasa

Artikel terkait : Tips Berolah Raga di Bulan Ramadhan: Berkeringat Tanpa Mengurangi Nikmat Puasa

Tips Berolah Raga di Bulan Ramadhan: Berkeringat Tanpa Mengurangi Nikmat Puasa - Siapa bilang tidak bisa berolah raga saat puasa. Anda tetap bisa melakukan olah raga meskipun dalam keadaan puasa. Pada saat berpuasa, tubuh juga memerlukan latihan fisik agar tetap segar dan juga sehat. Namun harus diperhatikan jenis dan juga waktu olah raga agar tidak mengganggu atau justru menjadikan kondisi tubuh Anda lebih buruk. Selain itu, harus pula diperhatikan kesesuaian antara kondisi tubuh dan juga jenis olah raga. Lakukanlah olah raga yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda ketika berpuasa.

Jika Anda ingin melakukan olah raga pada waktu pagi hari, sebaiknya Anda menentukan tujuan dari olah raga yang ingin Anda lakukan. Dengan begitu aktivitas olah raga yang Anda lakukan akan lebih fokus. Untuk olah raga pada pagi hari saat puasa hendaklah melakukan olah raga setelah sahur dan sholat subuh. Pilihlah jenis olah raga yang berintensitas ringan misalnya dengan joging.  Dengan melakukan olah raga yang tidak berintensitas tinggi dapat menurunkan resiko dehidrasi pada tubuh pada saat puasa. Jika tubuh tetap terhidrasi dapat menghindarkan tubuh dari kelelahan yang berarti. Dengan melakukan olah raga pada pagi hari juga dapat menjadikan tubuh segar sehingga dapat meningkatkan efektivitas kerja.

Selain itu usahakan untuk melakukan olah raga bersama teman atau keluarga. Dengan adanya teman berolah raga dapat mengurangi efek kelelahan karena ada seseorang untuk mengalihkan perhatian sehingga perhatian Anda tidak terfokus pada latihan yang Anda lakukan. Berolah raga bersama keluarga atau teman juga dapat menambah kehangatan keluarga. Jenis olah raga seperti bersepeda, bermain sepak bola mini, jogging, atau jalan santai cocok untuk dilakukan pada pagi hari bersama keluarga atau teman Anda.

Jika Anda berniat untuk melakukan olah raga dengan intensitas tinggi, sebaiknya dilakukan pada saat sore hari atau menjelang berbuka puasa. Semakin tinggi intensitas olah raga yang Anda lakukan, lakukanlah semakin dekat dengan waktu berbuka puasa karena semakin tinggi intensitas olah raga semakin banyak cairan yang hilang, kebutuhan cairan tersebut akan dapat kembali terpenuhi setelah berbuka puasa. Disamping itu, tingginya intensitas olah raga juga dapat menimbulkan kelelahan yang lebih sehingga jika dilakukan pada sore hari tidak akan mengganggu aktivitas siang hari Anda.

Perlu diingat pula, jika Anda juga tetap harus menyesuaikan jenis olah raga dengan kondisi tubuh Anda. Jika Anda merasa tidak mampu melakukan olah raga dengan intensitas tinggi Anda juga tetap dapat melakukan olah raga dengan intensitas rendah. Jangan pernah memaksakan untuk melakukan olah raga ketika tubuh tidak mampu. Sebagai catatan, pada saat puasa sebaiknya Anda mengurangi frekuensi olah raga dari hari biasanya karena kondisi fisik Anda tidak sama dengan ketika Anda sedang tidak berpuasa.

Tips berolah raga di bulan Ramadhan, lakukanlah olah raga yang sesuai dengan kondisi fisik Anda, perhatikan pula jenis olah raga dan juga waktu pelaksanaannya.
via

Artikel MasBhotol Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 MasBhotol | Design by Bamz