Sunday, 9 October 2011

Serial The Simpsons Terancam Berhenti

Jaringan TV AS Fox menyatakan tidak bisa memproduksi serial kartun komedi The Simpsons tanpa memotong gaji para pemerannya. Dalam sebuah pernyataaan disebutkan bahwa serial ini mungkin tidak akan diproduksi lagi di masa mendatang di bawah kondisi keuangan seperti sekarang.

Fox menyebut serial ini ''bisa dan harus dilanjutkan'' tetapi dengan syarat honor para pengisi suara serial kartun ini dipotong hingga 45%. Bayaran para pemain di The Simpsons dilaporkan bisa mencapai US$ 8 juta atau sekitar Rp 71 miliar lebih per episode.

Situs berita AS The Daily Beast melaporkan, tampaknya para pengisi suara utama The Simpsons -antara lain Dan Castellaneta, Julie Kavner, Nancy Cartwright dan Yeardley Smith- sulit untuk menyetujui perpanjangan kontrak untuk musim depan.

Para pengisi suara sebenarnya juga mengajukan persyaratan pemotongan anggaran bisa dilakukan sebesar 30% tetapi juga mendapatkan bagian dari keuntungan siaran dan penjualan barang dagangan. Namun negosiasi ini dilaporkan gagal.

Fox menambahkan dalam pernyataannya, ''Kami mengharapkan bisa mencapai kesepakatan dengan para pengisi suara sehingga bisa terus melanjutkan produksi The Simpson untuk beberapa tahun ke depan''.

Jaringan Fox pernah mengancam untuk mengganti para pengisi suara pada tahun 1998 setelah mereka meminta kenaikan gaji dari US$ 30.000 atau sekitar Rp 266 juta menjadi US$ 125.000 atau Rp 1,1 miliar per episode.

Tahun 2004 produksi serial kartun ini sempat ditunda selama sebulan setelah para pengisi suara kembali meminta kenaikan gaji menjadi US$360.000 per episode. Tiga tahun lalu, perselisihan soal kontrak kenaikan gaji juga menyebabkan produksi The Simpsons mengalami penundaan.

Saat ini The Simpson sudah menjalani musim ke 23, dan menjadi serial kartun komedi terpanjang yang ditayangkan televisi AS serta disiarkan lebih dari 100 negara dan 50 bahasa. Jumlah penonton serial ini di AS kini mencapai rata-rata 7,1 juta penonton, atau turun 14% dari tahun sebelumnya.

Dalam sebuah keterangan media, Chase Carey -Direktur Pelaksana News Corp, pemilik jaringan Fox- mengatakan perusahaan ini tengah mencari cara untuk meningkatkan pendapatan dari serial animasi ini. Chase Carey menambahkan ada kemungkinan membuat saluran kabel The Simpsons di AS untuk menyiarkan seluruh musim animasi komedi ini.

''Kami belum membuat gambaran pasti sual saluran Simpsons. Tetapi ada banyak penggemar Simpsons di luar sana. Itu adalah kesempatan nyata bagi kami untuk melakukan sesuatu yang unik,'' tuturnya seperti dikutip dari BBC.

Fakta The Simpsons
- Mulai disiarkan dalam animasi pendek di program The Tracey Ullman Show tahun 1987
- Penciptanya, Matt Groening, menamakan karakter The Simpsons sesuai dengan nama anggota keluarganya sendiri
- Episode setengah jam pertama disiarkan di Fox pada tanggal 17 Desember 1989
- Sampai saat ini telah memproduksi 488 episode
- Merupakan serial animasi komedi terpanjang yang disiarkan di waktu utama TV di AS
- Serial ini sebelumnya juga pernah mengalami pertikaian soal pembayaran antara pemeran

MasBhotol

Adalah Sebuah Blog Personal Berisi Berbagi Jenis Artikel dan Bermacam Kategori.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top