Monday, 10 October 2011

Nokia Siapkan Serangan Balik

Sering dikabarkan terdesak di pasar smartphone, Nokia tengah giat mempersiapkan amunisi untuk melancarkan serangan balik terhadap para pesaingnya. iPhone, BlackBerry, dan deretan ponsel Android, bersiaplah!

Momentum yang bakal menjadi titik balik Nokia untuk kembali bertaji adalah dalam event Nokia World 2011 yang berlangsung di London, Inggris, 26-27 Oktober mendatang.

Konon, mulai dari deretan ponsel Windows Nokia hingga yang mengusung Symbian Belle akan dipamerkan vendor asal Finlandia itu di ajang tahunan tersebut.

The Mobile Indian menyebut Nokia seri 603 akan menjadi salah satu yang tampil di Nokia World. Ponsel yang mengusung OS Symbian Belle ini merupakan lanjutan dari seri Nokia 500, 700, dan 701 yang sudah lebih dulu diumumkan kehadirannya.

Nokia 603 boleh saja cuma dilengkapi dengan kamera 5 megapixel, namun kemampuannya dalam menjepret gambar maupun video diklaim sudah lebih baik dari seri-seri sebelumnya.

Dapur pacu perangkat ini pun sudah mengusung prosesor 1 GHz dan menggunakan display layar sentuh beresolusi 360 x 640 pixel. Nokia 603 juga dikatakan sudah mendukung jaringan HSPA+ dan micro SIM card.

Hanya saja, untuk seri ponsel Windowsnya, Nokia masih menutup diri. Disebut-sebut ada lebih dari satu perangkat hasil kolaborasi dengan Microsoft itu yang akan dipamerkan.

Satu yang sudah bocor ke permukaan adalah Nokia Searay, yang tampilan interface mengoperasikan Windows Phone 7. Bentuknya identik dengan N9, ponsel Nokia yang memakai OS MeeGo.

Seperti dilansir The Nokia Blog, foto handset yang diduga Windows Phone Nokia ini disertai kata-kata dalam bahasa Jerman dan logo operator T Mobile.

Jika diterjemahkan, terkuak sedikit spesifikasi handset tersebut. Di antaranya sudah memakai Windows Phone Mango 7.5, layar 3,7 inch AMOLED dan voice navigation.

Dua amunisi Nokia dari sisi platform yakni Symbian dan Windows sepertinya akan dioptimalkan Nokia dalam menggaet minat pasar.

"Dengan pengumuman ini Nokia telah menekankan bahwa Symbian akan terus memainkan peran penting dalam portofolio produk bersama Windows Phone 7," kata Nick McQuire dari IDC.

"Cara perkembangan dan inovasi Symbian saat ini menunjukkan seberapa besar komitmen Nokia untuk menjadikan produk Symbian pilihan smartphone yang kompetitif," lanjutnya.

Symbian Belle adalah upgrade terbaru dari platform Symbian sekaligus lanjutan dari seri Symbian Anna. Symbian Belle meningkatkan jumlah layar utama dari tiga sampai enam untuk menyediakan lebih banyak ruang bagi tampilan berbagai aplikasi dan layanan.

Salah satu fitur Symbian Belle paling menarik adalah kemampuan Near Field Communication (NFC) sekali sentuh. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membagi kontak, video dan gambar dengan perangkat NFC lainnya, serta untuk koneksi dengan aksesoris berkemampuan NFC seperti speaker dan headset.

So, kita tunggu saja bagaimana gebrakan yang akan dilakukan Nokia. Mampukah sang raksasa yang tengah 'terluka' itu kembali merebut tahta?
( Sumber : detikiNet )

MasBhotol

Adalah Sebuah Blog Personal Berisi Berbagi Jenis Artikel dan Bermacam Kategori.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top