Friday 14 October 2011

Manfaat Jambu Biji

Sebuah apel sehari diklaim bisa menjauhkan Anda dari dokter, tetapi tidak selama yang dilakukan jambu biji, mangga, atau delima.

Hasil serangkaian tes pada buah-buahan India menemukan bahwa jambu biji menjadi makanan terbaik dengan konsentrasi antioksidan tertinggi yang melindungi terhadap kerusakan sel yang menuakan kulit dan dapat menyebabkan kanker.

Setelah jambu adalah plum India--yang ditanam petani Inggris di kaki bukit Himalaya--apel, dan mangga.

Para ilmuwan dari Institut Nasional India di Hyderabad menemukan konsentrasi antioksidan sedikit di bawah 500 miligram (mg) per 100 gram pada jambu biji, 330 mg di plum, dan 135 mg dalam buah delima.

Apel memiliki seperempat dari antioksidan di jambu biji, sementara pisang hanya memiliki kandungan kecil saja dengan 30 mg per 100 gram. Semangka dan nanas menawarkan perlindungan paling kecil terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Mangga, meskipun kandungan fruktosanya tinggi, memiliki 170 mg antioksidan, lebih tiga kali lipat dari pepaya, yang enzimnya meredakan gangguan perut. Anggur tiga kali lebih bermanfaat bagi tubuh daripada jeruk.

Dr Sreeramulu, endocrinologist, mengatakan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Food Research International itu akan membantu konsumen memilih buah-buahan yang memaksimalkan asupan antioksidan tubuh mereka.

Ia mengatakan gaya hidup modern mendorong produksi radikal bebas dalam tubuh yang merusak membran sel dan akhirnya membunuh sel-sel itu sendiri.

"Gaya hidup saat ini telah meningkatkan paparan makanan sintetis, pencemaran lingkungan, dan stres yang menyebabkan bangkitnya radikal bebas. Antioksidan membantu memerangi radikal bebas yang mencegah kerusakan sel. Kerusakan sel itu bertanggung jawab menyebabkan kanker, penuaan, dan penyakit kardiovaskular dan degeneratif."

"Sejauh ini, tidak ada studi yang menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu menyembuhkan (ini), tapi pasti dapat membantu atau mengurangi risiko kanker," kata Dr Sreeramulu.

Dia mengatakan timnya terkejut, tapi senang menemukan salah satu buah India termurah yang menawarkan manfaat kesehatan terbesar.

"Jambu biji merupakan sumber antioksidan yang kaya sumber serat. Ini buah orang miskin karena cukup murah," katanya.
( Sumber : TempoInteraktif )

MasBhotol

Adalah Sebuah Blog Personal Berisi Berbagi Jenis Artikel dan Bermacam Kategori.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top