Monday, 10 October 2011

Cokelat Sama Sehatnya dengan Jogging

Ada kabar baik bagi Anda yang sulit bangun pagi untuk berolahraga. Cukup kunyah dark chocolate, dan dapatkan manfaat yang sama dengan jogging.

Peneliti di AS menyebutkan memakan sedikit saja cokelat hitam memberikan manfaat kesehatan yang sama dengan berolahraga. Bila dikombinasikan dengan olahraga, efek coklat bisa meningkat 50 persen.

Peneliti dari Wayne State University, Detroit, Michigan, menemukan sebuah kandungan dalam cokelat yang bernama epicatechin menstimulasi pertumbuhan otot sama halnya jika kita melakukan jogging.

Dalam uji coba terhadap tikus, ditemukan zat itu memproduksi lebih banyak mitokondria, yakni baterai kecil yang memberikan energi ke tubuh dan meningkatkan jumlah kapiler yang menghantarkan oksigen ke otot.

"Aktivitas aerobik seperti berlari atau bersepeda memang dikenal mampu meningkatkan jumlah mitokondria dalam sel otot," kata Dr Moh Malek seperti dikutip dari Daily Mail.

"Studi kami juga menemukan bahwa epicatechin tampak memberikan manfaat dan respons yang sama, baik terhadap jantung maupun otot," tambahnya. Mereka pun berharap efek ini bisa diterapkan pada manusia. Studi ini telah dipublikasikan pada Journal of Physiology, 14 September 2011.
( Sumber : metrotvNews )

MasBhotol

Adalah Sebuah Blog Personal Berisi Berbagi Jenis Artikel dan Bermacam Kategori.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top