Sunday 16 October 2011

Demam Korea Sudah Menginfeksi Indonesia

Virus budaya kontemporer Hallyu yang mengakibatkan "demam Korea" sudah menginfeksi Indonesia dalam satu dasawarsa terakhir.

Ratusan judul drama, musik pop, serial, film, video game, hingga B-Boy berbau Korea diputar dan dipertontonkan di layar televisi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu mendorong lahirnya sebuah fenomena fanatisme di mana para pesohor dari negeri ginseng tersebut menjadi kiblat dalam berperilaku bagi remaja dan generasi muda di Tanah Air.

Tidak sedikit dari mereka yang rela melancong ke negeri yang berada di Semenanjung Asia Timur itu hanya untuk menonton konser artis idola dan berbelanja pernak-pernik berlabel "made in Korea".

Menyebarnya budaya kontemporer Korea dalam tren "Korean Wave" bagi negeri asal Kimchi itu memang mendatangkan berkah tersendiri khususnya bagi total pendapatan negara yang sedang beranjak menyaingi Jepang sebagai salah satu macan Asia yang disegani.

Daya tarik yang dibangun dari basis kreativitas para pesohornya menjadikan negara itu memiliki potensi pendapatan baru khususnya dari sektor pariwisata hingga bisnis ikutannya.

Ketua Indonesia Dynamic Korea (IDK), Lucy Gultom, mengatakan, Korea sekaligus budaya di dalamnya memiliki daya tarik yang luar biasa yang mengakibatkan jumlah pecinta dan pemerhatinya bertambah dari waktu ke waktu.

"Mengapa banyak orang tertarik pada Korea?. Karena Korea itu unik dalam berbagai sisinya termasuk kebudayaan, kuliner, hingga pariwisatanya," kata salah satu pendiri IDK yang mendefinisikan diri sebagai Komunitas Pemerhati Kebudayaan Korea di Indonesia yang didirikan sejak 2006 itu.

Sampai detik ini Korea Selatan dengan empat musim yang menyelimutinya menjadi ambisi dan kiblat bagi jutaan pecintanya di Indonesia.
Namun sayangnya, Indonesia sendiri belum terlampau populer di negara yang beribu kota di Seoul itu.

Masih Asing
Warga Korsel yang tinggal di kawasan Myong-dong Seoul, Junghoon Jun, mengatakan, nama Indonesia masih asing bagi lebih banyak masyarakat di Korea Selatan.

Mereka lebih mengenal Singapura atau Thailand ketimbang negara-negara di selatannya.
Itu sekaligus menunjukkan masih sedikit masyarakat Korsel yang mengenal Indonesia sebagai daerah kunjungan wisata.

"Memang banyak yang sudah berbulan madu ke Bali, tapi lebih banyak yang belum tahu tentang Indonesia," kata pria yang berprofesi sebagai National Director untuk model dan artis di negara itu.

Junghoon yang memilih dipanggil Ricky itu mengaku pernah mengunjungi Indonesia akhir tahun lalu yakni ke Jakarta dan Bandung untuk sebuah acara bisnis.

"Itu kunjungan yang berkesan bagi saya, kami di Korea sebelumnya hanya mengenal Bali ternyata ada kota lain yang juga cantik yaitu Bandung. Saya tidak suka Jakarta karena keadaannya nyaris sama dengan Seoul yang kerap macet," katanya.

Pengakuan Junghoon menjadi pekerjaan rumah tersendiri untuk tidak hanya menjadikan Indonesia sebagai pasar budaya pop Korea tetapi juga sekaligus menjadi penggempur pasar wisata negara dengan mata uang Won tersebut.

Kesenjangan dalam barter pasar yang mendatangkan pendapatan negara masih belum seimbang diukur dari indikator popularitas nama negara di mana nama Korea lebih dikenal di Tanah Air ketimbang sebaliknya.

Potensial
Di luar semua itu, Korsel dinilai potensial untuk menyumbang lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Direktur Sarana Promosi Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Esthy Reko Astuti, mengatakan, Korsel merupakan salah satu target market yang potensial.

"Korsel salah satu target market yang potensial yang memberikan "share" terhadap perolehan target kunjungan wisman yang signifikan," kata Esthy.

Dari tahun ke tahun jumlah wisman asal negeri di Semenanjung Asia Timur itu yang melancong ke Indonesia terus bertambah.

Pada 2010 ,jumlah wisman Korsel mencapai 275.999 orang dengan total pendapatan 251,05 juta dolar AS. Sementara pada 2011, angka itu ditargetkan melonjak hingga 360.000 orang.

Tercatat dalam periode Januari-Agustus 2011 jumlah wisman Korea yang datang ke Indonesia telah mencapai 270.808 orang. Angka itu sekaligus menjadikan Korsel sebagai negara keempat tahun ini yang memberikan kontribusi jumlah wisman ke Indonesia terbanyak setelah Singapura, Malaysia, dan Jepang.

Ia mengatakan, negara asal "Winter Sonata" itu memiliki karakter pasar dengan minat terutama pada produk-produk atau paket wisata honeymoon, golf, dan leisure yang sangat pas dengan segmen pasar Indonesia.

Menurut dia, Indonesia memiliki daya tarik yang lebih dalam hal destinasi wisata untuk bulan madu, golf, ataupun leisure dibandingkan negara kompetitor di kawasan Asia Tenggara yang lain. "Produk-produk tersebut di Indonesia sangat "wonderful", kompetitif, dan ’affordable’," katanya.

Korsel juga dinilai tidak termasuk negara yang terdampak resesi global secara signifikan seperti halnya Jepang.

Mempertimbangkan berbagai potensi tersebut, pihaknya bertekad akan lebih intensif dan serius menggarap pasar Korsel yang selama ini menjadi 10 besar negara penyumbang wisman utama ke Indonesia.

"Kami akan lebih intensif dan serius menggarap pasar tersebut, salah satunya dengan menunjuk kembali VITO Korsel (Visit Indonesia Tourism Officer)," katanya.

Pihaknya juga telah dan sedang menggelar berbagai kegiatan promosi pariwisata di negara itu. Beberapa acara tersebut di antaranya sales mission di Seoul-Busan-Jeju pada Mei-Juni 2011, berpartisipasi dalam bursa pariwisata Kofta di Seoul pada Juni 2011, Festival Indonesia sebagai promosi on Niche Market di Asea meliputi Korea-China-Jepang pada Agustus 2011, hingga bursa pariwisata Busan International Travel Fair (BITF) di Busan pada September 2011.

Esthy menambahkan, acara tersebut belum termasuk sejumlah kegiatan yang menggandeng sektor industri.

Namun Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) justru menyatakan sebaliknya di mana sampai saat ini mereka masih merasakan banyak kendala dan kesulitan dalam menggarap pasar wisata Korea Selatan.

"Korsel boleh jadi memang potensial tapi kami belum mampu optimal menggarap pasar itu karena mereka cenderung memiliki budaya kerja yang sangat tinggi," kata Ketua Bidang Humas Asita Chapter DKI Jakarta, Jongky Adiyasa.

Jongky mengatakan dibandingkan dengan Jepang, masyarakat Korsel cenderung belum terlampau tertarik untuk melakukan perjalanan termasuk melancong ke Indonesia.

Menurut dia, belum banyak masyarakat Korsel yang tertarik atau bahkan tahu tentang Indonesia karena sebagian besar dari mereka cenderung memilih liburan ke Amerika Serikat dan Eropa.

"Ini menunjukkan potensi Korsel belum bisa mengalahkan potensi Jepang yang warganya sudah memiliki budaya bahwa liburan adalah hal penting kedua setelah makan," katanya.

Sedangkan Korsel sampai saat ini belum memiliki kecenderungan untuk itu meskipun sudah mulai ada turis Korsel berwisata ke Indonesia khususnya ke Bali.

Jongky meminta pemerintah untuk mendukung sektor swasta melakukan promosi yang lebih gencar di pasar Korsel.

"Business to business harus diperkuat dan promosi harus digencarkan kalau tidak ingin kalah dengan negara-negara kompetitor kita yang lain," katanya.

Itu semua agar terjadi tukar-menukar yang lebih seimbang antara drama sealiran Winter Sonata dengan kecantikan destinasi nusantara.
( Sumber : Kompas )

MasBhotol

Adalah Sebuah Blog Personal Berisi Berbagi Jenis Artikel dan Bermacam Kategori.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top