manfaat kopi untuk kesehatan

Artikel terkait : manfaat kopi untuk kesehatan


Siapa yang tidak mengenal kopi? Kopi disukai oleh hampir seluruh penduduk di dunia karena cita rasa yang dimilikinya sangat lezat serta bentuknya juga beragam. Kopi, merupakan minuman yang disukai oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak anak, remaja, dewasa, dan bahkan lanjut usia. Tidak hanya kaum adam yang menikmati kopi, karena kaum hawa pun diyakini mencintai kopi. Kopi memiliki banyak ragamnya. Mulai dari kopi luwak, kopi hitam, dan masih banyak lagi. Indonesia sendiri merupakan negara dalam urutan ketiga dalam hal produksi kopi terbesar di dunia setelah Jamaika dan Brasil. Hal ini menunjukkan, Indonesia berkontribusi besar dalam memproduksi kopi tidak hanya untuk negaranya tapi juga untuk dunia. Dan seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki kopi Luwak yang sangat terkenal di dunia. Bahkan, di hotel hotel berbintang di Eropa, kopi Luwak dari Indonesia harganya bisa mencapai jutaan rupiah untuk setiap cangkirnya. Mengapa kopi begitu bersar diminati oleh manusia? Selain memiliki rasa yang sangat enak, rasa yang beragam, kopi juga memiliki aroma yang sangat nikmat bila kita menciumnya. Ya, aroma kopi sangat mengundang dan membuat kita ingin meminumnya. Dibalik aroma dan rasanya yang luar biasa, kopi ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat yang dimiliki kopi yang mungkin belum kita ketahui? 

manfaat kopi bagi kesehatan

manfaat minum kopi

Mencegah batu ginjal

Penelitian di Harvard menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi dalam sehari memiliki risiko 25% lebih rendah untuk mengalami batu ginjal.

Mencegah depresi

Kopi dengan aromanya yang sangat nikmat dan menenangkan juga ternyata dapat mencegah depresi, sama hal nya dengan cokelat.

Menguatkan ingatan

Kopi diyakini dapat memperkuat daya ingat jangka panjang dan jangka pendek. Orang yang mengonsumsi kopi berkafein 2 cangkir sehari dapat meningkatkan ingatan dan mempercepat reaksi.

Mengandung zat antioksidan

Menariknya, kopi memiliki kandungan zat antioksidan yang lebih banyak dibandingkan dengan kebanyakan sayuran atau buah lainnya. Hal ini dibuktikan oleh peneliti dari Harvard.

Meningkatkan kinerja

Kopi mengandung kafein yang diketahui dapat meningkatkan kinerja tubuh terutama saat kita sedang bekerja.

Meningkatkan metabolisme

Mengonsumsi kopi juga ternyata dapat menjaga metabolisme tubuh kita. Kopi juga diyakini dapat menurunkan berat badan.

Menurunkan risiko kanker

Dalam penelitian di Swedia, orang yang mengonsumsi kopi 2 sampai 3 cangkir perhari dapat menurunkan dan mencegah kanker payudara. Tidak hanya itu, kopi dapat mencegah berbagai jenis kanker.

Artikel MasBhotol Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 MasBhotol | Design by Bamz