Tuesday, 29 October 2013

Seputar Masalah BBM di Android & Solusinya

Seputar Masalah BBM di Android & Solusinya, Yup, sudah empat hari ini BBM Android resmi digulirkan pihak Blackberry. Tapi tidak semua pengguna Android bisa langsung menggunakan layanan ini. Kecewa sedih campur kesal, mungkin menerpa Anda yang penasaran dengan layanan ini tapi terbentur dengan beberapa masalah.

Nah selama empat hari ini kami melakukan pengetesan seberapa rumit memasang aplikasi BBM ini hingga bisa berjalan dengan lancar.

1. Aplikasi Tidak Kompatibel
BBM Android secara resmi dirilis untuk versi Android 4.0 (Ice Cream) atau yang lebih baru. Tapi ditemukan beberapa juga kasus meskipun menggunakan Android Jelly Bean tetapi tetap dinyatakan tidak kompatibel. Solusinya cukup mudah, coba Anda cari file instalasi yang berekstensi .apk. Biasanya ini bisa Anda dapatkan di forum-forum Android. Misalnya www.android-indonesia.com. Ini berlaku juga untuk perangkat tablet.

2. Masalah Jaringan

Aplikasi sudah terpasang, tapi begitu Anda memulai muncul notifikasi "Tidak Ditemukan Koneksi" dan "Koneksi anda telah dimatikan. Pulihkan koneksi anda dan coba lagi". Meskipun koneksi Internet di ponsel Android Anda baik-baik saja, dengan indikasi bahwa aplikasi yang lain bisa tetap berjalan dengan baik (semisal aplikasi Whatzapp) hal ini bisa terjadi.


Solusinya, coba Anda gunakan akses Internet menggunakan wifi yang lebih stabil. Cara ini hanya digunakan sampai Anda bisa melakukan registrasi saja. Setelah itu Anda bisa menggunakan akses dari jaringan selular Anda.

3.  Menunggu Antrian
Jika Anda tidak mendftarkan email ke BBM.com sebelum tanggal 22 September lalu, maka Anda masuk ke daftar antrian untuk aktivasi aplikasi. Anda harus menunggu hingga berhari-hari untuk mendapatkan giliran.

Trik agar Anda bisa melewati antrian cukup sederhana. Coba pinjam email teman atau rekan kerja Anda yang sudah terdaftar dan berhasil atau sudah teraktivasi. Dengan catatan, email tersebut hanya bisa dipakai maksimal tiga perangkat saja.

Lalu apakah akan berpengaruh dengan BBM yang sudah terpasang di ponsel Android teman atau rekan kerja Anda? sejauh yang kami coba tidak bermasalah. Ini hanya untuk melewati proses awal sebelum Anda melakukan pendaftaran untuk mendapatkan BBID (Blackberry ID).

Setelah Anda masuk ke proses selanjutnya, silahkan buat BBID dari dengen menekan ikon "Buat Blackberry ID".

Bagi yang pernah mendaftarkan BBID di perangkat Blackberry (akses untuk masuk ke BB App World) silahkan pilih "Sign in" , lalu masukkan email dan password-nya. Langkah ini sekaligus akan memindahkan kontak BBM dari aplikasi perangkat Blackberry Anda ke ponsel Android. Atau jika Anda tidak menginginkan kontek yang ada di Blackberry pindah ke Android, buat BB ID yang baru.
sumber

MasBhotol

Adalah Sebuah Blog Personal Berisi Berbagi Jenis Artikel dan Bermacam Kategori.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top