Monday 19 September 2011

Mengapa Wanita Hidupnya Lebih Lama Dibandingkan Pria?

Banyak hal dilakukan manusia untuk tetap sehat dan berusia lebih panjang. Dari mengatur pola makan sehat, berolahraga, hingga menjauhi zat-zat adiktif.

Tapi, siapa yang menyangka jika wanita akan hidup lebih lama dibandingkan pria. Seperti dilansir dari Genius Beauty, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Daniel J. Bice, seorang profesor psikiatri dari Universitas Pittsburgh, menunjukkan bahwa wanita akan hidup lebih lama dibanding pria.

Hal ini erat kaitannya dengan kualitas tidur dan kesehatan yang lebih baik sehingga dapat hidup lebih lama. Wanita acap kali memiliki aktivitas yang lebih banyak dibandingkan pria. Mereka dapat bekerja kantoran lalu melakukan pekerjaan rumah tangga.

Namun, semua ini tak memengaruhi kualitas tidur mereka. Bahkan, penelitian tersebut menunjukkan bahwa ibu yang memiliki anak kecil dapat tertidur pulas dibandingkan sang ayah. Para dokter dari Universitas Pittsburgh menganggap bahwa suara tidur dan durasi tidur mereka sangat terkait pada kondisi kesehatan.

Penelitian tersebut mengungkap, bahwa tak hanya mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan pria, wanita juga secara umum tidur lebih lama. Hal ini bertentangan dengan fakta yang mengatakan bahwa wanita cenderung menderita insomnia dan kerap kali mengeluh kurang tidur.

Penelitian yang melibatkan 1500 pasien ini, menunjukkan bahwa 30 persen wanita dan hanya 22 persen pria tidur lebih dari 8 jam setiap harinya. Hal ini karena adanya perbedaan sifat tidur antara wanita dan pria.

Diketahui, bahwa fase tidur yang dalam pada wanita terjadi sesaat setelah terlelap. Karena itulah, kurang tidur tidak memengaruhi kesehatan mereka. Sedangkan, pria cenderung memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengalami fase tidur yang dalam. Sehingga, kerap kali memengaruhi kesehatan mereka.

MasBhotol

Adalah Sebuah Blog Personal Berisi Berbagi Jenis Artikel dan Bermacam Kategori.

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top